1 . Pasar apa yang seharusnya ditargetkan oleh pepsi
untuk Aquafina? Jelaskan pendapat anda?
JAWAB :
Aquafina merupakan air minum mineral yang terbuat
dari air ledeng yang telah di proses lebih lanjut oleh Pepsi. Karena terbuat
dari air ledeng, secara otomatis Aquafina memiliki harga yang mudah dijangkau
oleh setiap kalangan yang tinggal di Amerika Serikat. Selain itu para peneliti
di dunia sangat menyakini bahwa tubuh manusia membutuhkan minimal 8 liter air
mineral dalam sehari. Dengan pernyataan ini, Aquafina sangat memiliki peluang
yang besar untuk bersaing di Pasar air mineral dan bersaing dengan produk air
mineral yang telah dipasarkan sebelumnya seperti Evian dan Perrier. Aquafina
semakin diatas angin karena Aquafina memiliki pangsa pasar yang lebih luas
dibandingkan oleh Evian. Aquafina memiliki pangsa pasar yang menjangkau semua
kalangan sedangkan Evian hanya menargetkan produknya untuk kalangan wanita dan
kalangan kelas atas.
2. Rekomendasi apa yang akan anda buat
untuk tujuan periklanan, strategi pesan, dan eksekusi pesan bagi Aquafina?
JAWAB:
Menurut saya rekomendasi yang tepat bagi
Aquafina yaitu dari segi tujuan periklanan, yakni bahwa perusahaan Aquafina
masih sibuk untuk mempromosikan di daerahnya sendiri, belum sempat terpikir
untuk mempromosikan produknya tersebut di pelosok-pelosok daerah, dan ada
beberapa Negara yang sulit kekurangan air bersih, dengan mempromosikan produk
kita, kita juga bisa melakukan tindakan sosialisasi terhadap mereka yang
kekurangan air bersih/ air mineral,contohnya Negara AFRIKA yang sangat sulit
sekali untuk mendapatkan air bersih, bahkan susah. Dengan tujuan kita
bersosialisasi sambil mempromosuikan produk kita mungkin kita bisa membantu mereka
yang sulit untuk mendapatkan air bersih di negaranya. dengan tetap pada tujuan kita yakni
mempromosikan air tersebut.
Dari segi strategi pesan, yakni Negara yang membutuhkan air bersih seperti
afrika adalah Negara yang sepatutnya kita bantu, dengan menolong mereka untuk
mendapatkan air bersih, karena dengan hal seperti itu kita dapat membantu
mereka yang kekurangan air bersih, dan kita memiliki strategi di balik itu
smua, dengan tujuan kita sebagai produk pemasar, bisa meyakinkan kepada
masyarakat bahwa kita peduli terhadap lingkungan sekitar akan kepedulian air
bersih di Negara AFRIKA, sehingga orang tertarik untuk mengkonsumsi air mineral
kita, karena dengan tindakan nyata kita yakni, membantu mendapatkan air bersih
di Negara tersebut.
Eksekusi pesan bagi Aquafina, bahwa dalam mempromosikan produk air mereka,
perlu namanya pengembangan ,bukan dari sumber produk nya saja, tetapi keyakinan
dari para pekerjanya bahwa produk mereka memang berkualitas, serta pengakuan
mereka untuk mempromosikan produknya ke semua kalangan/ masyarakat luas.
Sehingga produk mereka bisa lebih cepat terkenal, kemudian Perusahaan ini juga seharusnya membantu
Negara yang kekurangan air bersih tersebut
sehingga tujuan kita adalah mempromosikan ke Negara tersebut , akan tetapi
tetap melakukan tindakan social bagi mereka. Bahkan Negara lain yang sedang
membutuhkan air mineral yang bersih.
3 . Rekomendasi media iklan apa yang akan anda buat
untuk Aquafina, dan bagaimana cara anda untuk mengevaluasi keefektifan media
dan iklan anda itu?
JAWAB :
Promosi sangat penting untuk dilakukan oleh sebuat
produk baru, karen promosi bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk kepada
masyarakat. Banyak cara yang dapat digunakan sebagai media promosi, contohnya
media cetak, media elektronik ataupun promosi melalui mulut ke mulut. Dalam
naskah, Pepsi sudah melakukan promosi dengan baik karena mereka melakukan
promosi dengan memasang iklan Aquafina di Internet di situs-situs komersial dan
pribadi. Namun menurut saya, sebaiknya Pepsi juga harus meihat perkembangan
dunia Smartphone dunia yang semakin meningkat, Pepsi ada baiknya juga memasang
Iklan Aquafina di Aplikasi-Aplikasi terpopuler yang ada di Smartphone.
Media lain yang dilakukan oleh Pepsi untuk
memperkenalkan Aquafina adalah dengan menjadi sponsor utama di acara-acara
besar seperti Olympus Fashion Week dan Mercedes Benz Fashion Week dan melakukan
promosi bergaya Undian yang menawarkan perjalanan gratis ke acara Mode itu. Selain
itu Aquafina juga menjadi Sponsor di Festival Film Indie. Sungguh cara promosi
yang sangat efektif, walaupun pastinya Pepsi sangat mebutuhkan kocek yang besar
dalam membiayai acara-acara tersebut, namun efek jangkan panjangnya sangat baik
untuk tingat penjualan Aquafina.
4. Promosi penjualan dan rekomendasi
hubungan masyarakat apa yang akan Anda buat untuk Aquafina?
Jawab :
Promosi penjualan yang dapat dilakukan
oleh Aquafina dapat berupa antaralain:
- memberikan special price pada
event-event tertentu
- memberikan buy 1 get 1free di
pusat-perbelanjaan
- dengan promosi di jalan yang dilalui
banyak orang dengan memberikan penawaran-penawaran menarik yang berupa hadiah
undian atau hadiah langsung
Hubungan masyarakat yang dapat dilakukan
Aquafina antaralain:
- memberikan bantuan kepada korban
bencana alam berupa minuman dan air bersih
- mengadakan lomba-lomba yang melibatkan
masyarakat untuk berpartisipasi
- mengadakan bhakti sosial dan
pengobatan gratis bagi rakyat di area kumuh dsb
- memberikan beasiswa pendidikan bagi
anak-yang orang tuanya tidak mampu membiayai sekolah
5. Rekomendasi untuk mempromosikan Aquafina Sparkling dan Aquafina FlavorSplash?
JAWAB :
Promosi Aquafina Sparkling bisa dengan menunjukan bahwa
Sparkling adalah minuman berkarbonasi, tidak manis, serta memiliki variasi
tanpa rasa dan sekidit rasa. Begitu pula dengan promisi Aquafina FlavorSplash
adalah minuman air non-karbonasi, dipermanis dengan splenda, dan mempunyai rasa
yang lebih kuat, dengan rasa raspberry, citrus, blend, dan wild berry.
Mempromosikan kedua produk ini juga bisa dengan menjadi
sponsor dari berbagai acara karena produk ini sangat cocok dengan acara-acara
yang menguras tenaga dan ingin mendapatkan kesegaran dari air minum terbaik di
pasarnya.
6. Sejauh mana iklan dan promosi memberi
dampak pada pertumbuhan penjualan dibandingkan dinamika pertumbuhan pasar?
Jelaskan pendapat Anda tersebut.
Jawab :
Iklan dan promosi membawa dampak besar
dalam pertumbuhan penjualan. Sebab perusahaan Pepsi dan Coke adalah perusahaan
yang terkenal dengan produk minuman berkarbonasi, dan mereka dapat menarik
perhatian konsumen dengan produk baru yang berupa air melalui iklan dan promosi
yang mereka lakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar